Kiat Agar Mudah Mengerjakan Amalan Sunah



Abdullah bin Mubarak rahimahullah, seorang ulama dari kalangan tabi'in, memberikan sebuah wejangan yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Kata mutiara yang layak untuk ditulis di lembaran hidup kita.

"Kiat Agar Mudah Mengerjakan Amalan Sunah", begitulah saya memberi judul untuk untaian kata mutiara ulama pesohor ini. Beliau membeberkan rahasia ini untuk kita semua.

Mari kita simak dan renungi ucapan beliau berikut ini:
من تهاون بالأدب عوقب بحرمان السّنن، ومن تهاون بالسّنن عوقب بحرمان الفرائض، ومن تهاون بالفرائض عوقب بحرمان المعرفة.

"Siapa pun yang meremehkan adab maka dia akan terhalang untuk mengerjakan amalan sunah. Dan orang yang terlanjur meremehkan amalan sunah maka dia juga akan terhalang untuk menunaikan amalan fardhu (wajib). Jika amalan fardhu pun diremehkan maka orang seperti ini akan semakin jauh untuk meraih ma'rifah (mengenal Allah, pen)".

[Syu'abul Iman karya Baihaqi (no.3016)]

Semakin kita beradab maka semakin mudah pula untuk menghargai amalan sunah dan mengerjakannya.

Beliau kembali mengingatkan para murid beliau di kesempatan lain, beliau berkata:
نحن إلى قليل من الأدب أحوج منّا إلى كثير من العلم.


"Adab, meski sedikit lebih kita perlukan ketimbang ilmu yang banyak".

[Madarijus Salikin karya Ibnul Qayyim (357)]

Mari kita berakhlak dengan akhlak yang baik sebelum menjadi orang yang berilmu agar kita tidak menyalah gunakan ilmu kita. Entah nanti menjadi sombong, meremehkan orang lain yang masih belum tahu atau lebih sedikit ilmunya, atau pun tidak menghormati ulama.

Itu semua bermuara dari ketiadaan adab dan akhlak. Mempelajari adab tidak kalah penting dari thalab (menimba ilmu) itu sendiri.

Semoga bermanfaat.

My Instagram